PRU Med

0 komentar

PRUmed merupakan program asuransi tambahan yang khusus ditujukan untuk membantu Anda dalam menutupi biaya rawat inap di RS yang meliputi santunan harian rawat inap, ICU dan pembedahan. Manfaat ganda harian akan diberikan jika Anda dirawat di ICU. Jika Anda harus mengalami pembedahan minor, intermediate, major atau complex, sejumlah pembayaran tunai akan diberikan. Apabila Anda dirawat inap di luar negeri karena mengalami kecelakaan pada saat Anda melakukan perjalanan ke luar negeri, Anda akan menerima manfaat ganda harian.
PRUmed ini memakain sistem reimbursement artinya kita membayar dulu biaya RS kita sendiri baru setelah selesai dan kita melengkapi seluruh dokumen yang diperlukan dan diajukan ke Prudential setelah itu baru akan mendapat penggantian yang akan ditransfer langsung ke rekening nasabah. Proses ini memakan waktu tidak sampai 2 minggu.

Klaim PRUmed bisa menggunakan lampiran foto copy kuitansi yang telah dilegalisir oleh Prudential. Biasanya untuk karyawan mendapat juga tunjangan kesehatan dari kantornya, sehingga apabila mereka sakit dan sampai harus di rawat di RS maka kuitansi asli harus diajukan untuk klaim di kantornya. Sebelum kuitansi tersebut di bawa ke kantor maka kuitansi tersebut bisa dibawa ke Prudential tersebut untuk dimintakan legalisirnya. Jadi kita dapat memperoleh double klaim. Double klaim ini kegunaannya adalah setelah dirawat biasanya orang harus memulihkan kesehatannya dengan makan makanan yg lebih bergizi dan minum vitamin. Dana yang diperoleh dari double klaim tersebut dapat dipergunakan untuk itu semua sehingga pemulihan kita dapat lebih cepat.

Yang sering orang lupakan dalam klaim PRUmed ini adalah bahwaPRUmed hanya bisa di klaim apabila kita dirawat inap di RS selama minimal 2 X 24 jam atau dengan kata lain 3 hari 2 malam.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah penentuan jumlah PRUmed yang sebaiknya kita ambil. PRUmed ini dihitung dalam kelipatan Rp. 40.000,-. Dalam mengambilnya kita tidak boleh berpatokkan pada suatu jumlah yang kelihatan besar di tahun sekarang krn kita mengambil asuransi tambahan jenis ini adalah untuk jaga-jaga di tahun-tahun ke depan. 

Sebagai ilustrasinya: Apabila untuk rawat inap di kamar kelas 1 di suatu RS membutuhkan dana Rp. 350.000,- kemudian biaya dokter, obat, dll kira-kira membutuhkan biaya Rp 200.000,- per hari . Berarti kita harus menyiapkan dana sekitar Rp 550.000,- per hari. Berdasarkan ilustrasi tsb maka PRUmed yang sebaiknya kita ambil adalah 14 unit X Rp 40.000 = Rp 560.000,-. Itu biaya untuk tahun ini saja. Biaya RS di tahun-tahun mendatang biasanya naik dan tidak akan turun. Oleh karena itu kita harus benar-benar mengambil PRUmed sesuai dengan kebutuhan kita untuk tahun-tahun mendatang supaya kita tidak kecewa pada saat membutuhkannya.

Klaim PRUmed tersebut adalah total biaya keseluruhan dan tidak dibagi-bagi. Sebagai contoh: seperti ilustrasi di atas apabila kita mengambil PRUmed / hari Rp 560.000,- maka penggantian biaya tersebut sudah langsung meliputi biaya kamar, dokter, obat, dll. Apabila ternyata biaya kita lebih atau kurang dari jumlah tersebut, nasabah tetap mendapatkan sesuai yang telah disepakati yaitu Rp 560.000,-. Untuk ilustrasi: Seorang Bapak dirawat di RS selama 5 hari dan keseluruhan biaya perawatan di RS tersebut hanya menghabiskan biaya Rp 1.780.000,- maka Prudential akan tetap mengganti sejumlah Rp. 560.000 X 5 hari = Rp 2.800.000,-. Uang sisa klaim tersebut dapat kita manfaatkan untuk biaya pemulihan kita. Tetapi sebaliknya, jika ternyata biaya RS tersebut lebih besar, misal Rp 4.890.000,- maka kita tetap hanya mendapat penggantian Rp 2.800.000- saja.

Demikian sekilas mengenai PRUmed. Semoga bermanfaat
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : R2-STORE | Aidah-Prusyariah | Mas Template
Copyright © 2011. PRUDENTIAL SYARIAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger